KB IMPLANT

STANDAR PELAYANAN

Jenis Pelayanan : KB Implant

STANDAR PELAYANAN SERVICE DELIVERY

No KOMPONEN URAIAN
1. Persyaratan Membawa  Kartu KB Membawa FC KK.
2. Sistem, mekanisme, prosedur
  1. Pengunjung mendaftar di loket sesuai dengan no antrian yang ada
  2. Pengunjung dipanggil oleh petugas dan dilaksanakan anamnese dan dilakukan pemeriksaan vital sain
  3. Petugas memberikan konseling pelyanan KB dan melakukan tindakan atas apa pilihan KB yang diinginkanoleh pengunjung
  4. Petugas memberikan resep jika diperlukan dan pengunjung mengambil obat di apotik
  5. Pengunjung Pulang
3. Jangka waktu pelayanan

Anamnese dan pemeriksaan  5 – 10 menit

Konseling 5 – 10 menit

Tindakan   Pelayanan KB IMPLANT 20-25 Menit

berupa resep Dengan penyulit 45-60 menit

4. Biaya / tarif

Pasien Umum : Sesuai dengan Peraturan Bupati No.2 tahun 2012 Tentang Tarif Layanan Pada Puskesmas

Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 59 Tahun 2014 tentang Standar tarif JKN    

5. Produk pelayanan KonselingPemberian pelayanan KB Implant
6. Penanganan pengaduan, saran dan masukan Kotak Saran         :
Sms/Telpon/WA   :  

STANDAR PELAYANAN MANUFACTURING

No KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum Undang undang RI Nomer 52 Tahun 2009 tentang pelayanan KB berkualitas dalam mewujudkan Norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera Panduan Pelayanan Keluarga berencana dan kesehatan reproduksi dalam situasu pandemi 2020  
2. Sarana, prasarana, fasilitas -Tensimeter,steteskop,register,Set Implant,Spuit,obat Anastesi,Perban,kasa steril,Kapas Alkohol,Hanscoon,tempat tidur ,meja,kursi.pulpen  
3. Kompetensi Pelaksana
  1. Pendidikan min D-III Kebidanan
  2. Memiliki STR
  3. Memiliki Kopetensi dibidang KB
4. Pengawasan Internal
  1. Supervisi langsung oleh PJ UKP
  2. Dilakukan system pengendalian mutu internal oleh audit internal puskesmas
5. Jumlah Pelaksana   Bidan : 1 Orang  
6. Jaminan Pelayanan Pelayanan diberikan oleh petugas yang berkompetensi, diberikan secara cepat, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan.
7. Jaminan Keamanan dan keselamatan pelayanan Alkon yang diberikan dijamin masa berlaku penggunaannya ( tidak kadaluarsa )
8. Evaluasi Kinerja Pelaksana
  1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas dan Rapat Tinjauan Manajemen setiap 6 bulan sekali
  2. Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkaitkinerja dan kedisiplinan
  3. Survei indeks kepuasan masyarakat setiap 6 Bulan sekali

Hubungi Kami

UPT Puskesmas Sekolaq Darat

Jl. Betirih RT.008 Kec. Sekolaq Darat, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur Email – melakkpkm@kutaibaratkab.go.id

Powered By